Tips Mengatur Posisi Tubuh yang Baik Saat Mengetik

Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang dasar-dasar mengetik 10 jari , nah kali ini masih pada pelajaran mengetik yang harus diperhatikan yaitu bagaimana cara memposisikan tubuh yang benar saat mengetik. Hal ini tidak bisa di inggap sepele, sebab jika pada saat anda mengetik dengan posisi tubuh yang salah maka akan membuat anda cepat pegal dan lelah bahkan bisa mengganggu kesehatan anda . Untuk itu saya akan memberikan tips bagaimana cara mengatur posisi tubuh yang benar saat mengetik.




Posisi Badan Tegak
Pada saat anda mengetik usahakan tubuh anda tetap tegak.

Posisi Keyboard
Posisi keyboard harus berada didepan, tepatnya di tengah-tengah dan letakkan tangan sejajar dengan tinggi keyboard. Pergelangan tangan jangan di tekuk ke bawah maupun keatas.



Telapak Tangan
Jangan meletakkan telapak tangan ataupun pergelangan tangan diatas keyboard pada saat mengetik, kecuali jika anda ingin beristirahat sejenak.


Pernafasan dan Kedipan Mata
Bernapas merupakan aktivitas yang dilakukan secara otomatis. Tetapi jika anda terlalu sering berkonsentrasi di depan komputer, maka ada kecendrungan sering menahan napas atau napas pendek- pendek. Untuk mengatasinya luangkan waktu untuk bernapas dalam –dalam. Berkedip juga merupakan aktivitas yang penting bagi kesehatan. Terlalu konsentrasi juga dapat membuat anda lupa berkedip, sehingga frekuensi kedipan menurun. Maka luangkan mata untuk berkedip beberapa kali dan juga pejamkan mata untuk sejenak demi kesehatan mata.


Posisi Monitor dan Pencahayaan yang Nyaman
Posisi monitor harus berada sedikit dibawah mata tetapi masih nyaman untuk dilihat tanpa harus membungkukkan badan dan jarak ideal antara mata dengan monitor sekitar 45 - 60 cm. Atur level brightness dan contrast pada monitor sehingga benar- benar nyaman. Tidak terlalu redup maupun terlalu terang.




Lutut dan Kaki Rileks
Usahakan lutut di tekuk sekitar sudut 90 derajat atau lebih dan kaki tetap rileks, tidak kaku atau tegang.


Hmmm.... saya rasa tips nya sudah cukup
sekian dulu sobat semua, Sampai jumpa di artikel berikutnya ^_^V 


Artikel terkait



0 Responses to "Tips Mengatur Posisi Tubuh yang Baik Saat Mengetik"

Posting Komentar