Membuat Aplikasi Portable dengan Thinstall

Apa itu Aplikasi Portable?
Aplikasi Portable adalah aplikasi yang bisa langsung dijalankan tanpa harus melalui proses instalasi terlebih dahulu. Biasanya aplikasi seperti ini disimpan ke dalam media Flashdisk ataupun Harddisk eksternal, dan jika diperlukan anda bisa langsung menggunakannya ke komputer mana saja tanpa harus diinstal ke komputer tersebut, sehingga penggunaannya lebih praktis dibanding aplikasi installer.


Apa saja kelebihan dan kekurangan Aplikasi Portable ?


Kelebihan
Dengan menggunakan Aplikasi Portable berarti anda sudah membuat Sistem pada komputer anda menjadi lebih bersih. Kenapa?? Karena aplikasi yang memerlukan instalasi pada komputer, biasanya aplikasi tersebut akan tercatat ke Sistem Registry windows. Nah jika anda punya banyak sekali aplikasi yang sudah terinstal dikomputer anda, tentu akan membuat sistem dipenuhi dengan registry-registry program sehingga membuat loading lebih lambat bahkan bisa membuat windows crash. Belum lagi proses un-install yang biasanya masih meninggalkan jejak yang belum terhapus sepenuhnya pada registry, sehingga akan membuat sistem dipenuhi sampah. Berbeda dengan aplikasi portable.

Kekurangan
Software portable ternyata juga memiliki beberapa kelemahan salah satunya adalah terlalu besar memakan Resources memory. Aplikasi portable biasanya memerlukan memori yang cukup tinggi sehingga untuk loading awal biasanya lebih lambat.


Bagaimana cara membuat Aplikasi Portable?

Untuk membuat sebuah aplikasi atau game menjadi portable maka anda bisa menggunakan Thinstal yang bisa didownload disini, Kemudian instal program tersebut ke komputer anda dan berikut cara penggunaan aplikasi tersebut:

  • Jalankan aplikasi Thinstal pada komputer anda. Pada kotak dialog yang pertama pilih Start, Kemudian pilih Pre-instal Scan, Tunggu proses scanning pada DOS.
  • Setelah scanning selesai. STOP !!!. Sampai disini anda jangan memilih menu Post-instal Scan terlebih dahulu, tetapi instal program yang akan dijadikan aplikasi portable. Misalnya saja saya ingin menginstal Flash Movie Player.


  • Setelah program yang ingin dijadikan portable selesai diinstal. Baru anda bisa memilih menu Post-instal Scan dan tunggu beberapa saat.
  • Pada kotak dialog selanjutnya anda akan diminta untuk menentukan lokasi folder tempat menyimpan program portable nantinya. Pilih Browse kemudian tentukan lokasi foldernya lalu piih OK.
  • Setelah itu pilih Save Results. Tunggu proses pengambilan file pada DOS.
  • Setelah proses tersebut selesai, Pada folder tempat dimana anda menyimpan hasil pengambilan file tadi. Jalankan file Build.
  • Lalu akan muncul folder baru dengan nama Bin. Didalam folder inilah terdapat program yang baru anda instal tadi telah berubah menjadi portable, tetapi anda masih belum bisa menjalankan program ini, karena saat anda membuka program ini akan muncul pesan seperti dibawah ini.


  • Tetapi anda tidak usah bingung karena saya sudah menyediakan crack didalam file rar beserta aplikasi Thinstal nya disini, cara penggunaan crack tersebut mudah saja, anda hanya tinggal menjalankan cracknya lalu pilih file program yang ada didalam folder BIN tadi. Jika anda berhasil maka akan muncul kotak pesan yang bertuliskan “File Patched”.

Selesai, dan kini aplikasi portable anda sudah siap untuk digunakan ^_^

Artikel terkait



0 Responses to "Membuat Aplikasi Portable dengan Thinstall"

Posting Komentar