Belajar Mengetik Dengan RapidTyping

Jika anda ingin menguji kemampuan mengetik 10 jari anda atau mungkin anda masih dalam tahap belajar mengetik, maka tidak ada salahnya mencoba software yang satu ini, yaitu RapidTypng. Dengan bantuan dari aplikasi ini, akan lebih memudahkan anda dalam latihan mengetik, Interfacenya yang Simple, Mudah dan yang paling penting Software ini Gratis (Freeware). Anda bisa mendownload softwarenya disini dan menginstalnya di komputer anda, setelah itu yuk kita simak ulasan tentang cara mengoperasikan software ini.




  • Pada saat anda pertama kali menjalankan software ini, akan tampil beberapa opsi dan anda akan diminta untuk melakukan settingan awal terlebih dahulu.
  • Pada jendela pertama akan muncul Pemilihan Bahasa yang akan digunakan sebagai bahasa pengantar, Kali ini saya memilih Bahasa Indonesia , kemudian pilih Lanjut.
  • Lalu pada menu selanjutnya anda akan diminta mengisikan form nama panggilan, nama lengkap dan deskripsi, isi sesuai keinginan anda kemudian pilih lagi Lanjut.
  • Pada menu ketiga anda akan diminta memilih type keyboard yang digunakan, kali saya memilih pilih PS/AT #1 yaitu keyboard jenis QWERT dengan standart US.
  • Di menu keempat anda akan diminta metsetting animasi background, Jika RAM anda mencukupi anda bisa menambahkan animasi ikan sebagai hiasan pada background latihan.
  • Pada menu kelima anda akan diminta untuk memilih satuan kecepatan anda mengetik, Katapermenit atau Karakter permenit, Pilih sesuai keinginan anda.

Setelah Settingan awal tadi sudah selesai, kini saya akan jelaskan beberapa menu yang ada didalam software RapidTyping, Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini




  • Pada menu yang ditunjuk oleh angka 1 adalah menu awal, atau tempat dimana anda akan memulai untuk melakukan latihan pengetikan
  • Pada menu yang ditunjukkan oleh angka 2 adalah menu untuk melihat grafik dari hasil tes anda selama latihan, sehingga anda bisa menilai kemampuan anda dari latihan ke latihan berikutnya, apakah mengalami kemajuan yang cukup signifikan?. dimenu ini anda bisa melihat grafik berdasarkan Kecepatan, Akurasi dan Durasi
  • Pada menu yang ditunjukkan oleh angka 3 adalah menu editor pelajaran, di menu ini anda bisa mengedit text yang ada pada pelajaran yang sudah disediakan didalamnya, atau anda juga bisa menambahkan Kursus dan Pelajaran baru, sebagai tambahan latihan mengetik anda.
  • Pada menu yang ditunjukkan oleh angka 4 adalah menu Opsi yang ada pada RapidTyping, di Opsi tersebut anda bisa melakukan perubahan settingan yang ada seperti Merubah tema, Mengganti bahasa dan lain sebagainya,

Jika, anda sudah mengenal menu-menu yang ada didalam software ini, maka saatnya untuk belajar mengoperasikan aplikasi ini.



Memulai Latihan Mengetik


Untuk memulai latihan mengetik. Caranya anda hanya kembali ke menu awal saja atau tekan (F2), kemudian pada menu Kursus pilih Kursus yang anda inginkan dan pada pelajaran pilih juga sesuai yang diinginkan.

Kini anda siap memulai latihan mengetik, untuk memulai latihan anda bisa menekan sembarang tombol pada keyboard, lalu ketikkan huruf yang berada pada kotak yang berada ditengah, jika anda salah mengetik maka kotak tersebut tidak akan bergeser ke arah kanan, Sampai anda benar mengetik huruf yang diminta meskipun tetap dihitung salah.

Jika pelajaran sudah selesai akan muncul Hasil dari tes pengetikan yang anda lakukan, di jendela tersebut anda bisa melihat Kecepatan dan Ketepatan anda dalam latihan mengetik tadi.






Membuat Pelajaran Baru


Jika anda merasa kurang puas dengan bahan latihan yang sudah disediakan oleh software ini dan ingin membuat pelajaran baru sebagai bahan tambahan untuk latihan mengetik anda, caranya sebagai berikut :

  • Pilih menu Editor Pelajaran atau tekan tombol (F4) pada keyboard, pada menu tersebut.
  • Pilih Tambah Kursus Baru, yang bergambar tanda Plus
  • Lalu masukkan nama untuk kursus baru yang akan anda buat, misalnya saja anda memberi nama pada kursus baru tersebut adalah “Latihan”
  • Setelah itu anda masuk kedalam Kursus “Latihan”, kemudian pilih menu Buat Pelajaran Baru. Beri nama pada pelajaran baru yang akan anda buat.
  • Setelah itu pada Tab Naskah dalam Pelajaran yang baru anda buat , anda bisa mulai mengetikkan text yang akan dijadikan bahan latihan untuk mengetik, atau jika anda ingin memasukkan text tersebut dengan file text dengan memilih Icon Open (CTRL+O)
  • Kemudian cari file text yang ingin anda input. Lalu pilih simpan (CTRL+S)



Nah itu tadi ulasan singkat tentang software RapidTyping yang dapat saya berikan, oh iya baca juga artikel saya sebelumnya ya tentang dasar-dasar mengetik 10 jari, Jika anda tertarik untuk mencoba software ini silahkan download linknya disini. semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.

Artikel terkait



0 Responses to "Belajar Mengetik Dengan RapidTyping"

Posting Komentar